top of page
Search
  • birumuda43

Makanan Pencuci Mulut Tiram

Updated: Jul 29, 2019


Makanan Tiram, bagian keluarga Ostreidae (tiram sejati) atau Aviculidae (tiram mutiara), moluska kerang yang diketemukan di perairan pantai beriklim sedang serta hangat di semua samudera. Bivalvia yang diketahui jadi tiram berduri (Spondylus) serta tiram pelana (Anomia) kadang terhitung dalam barisan.


Mengetahui Apa Tiram


Tiram sejati sudah dibudidayakan jadi makanan sepanjang lebih dari 2.000 tahun. Tiram mutiara sudah lama dihargai untuk mutiara bernilai yang berkembang di dalamnya. (Lihat mutiara.)


Dua katup cangkang tiram, yang memiliki bentuk berlainan, mempunyai permukaan kasar yang seringkali berwarna abu-abu kotor. Katup atas cembung, atau tambah tinggi ditengah-tengah dibanding di pinggir. Katup yang lebih rendah, terpasang dibawah atau ke permukaan lain, semakin besar, mempunyai pinggir yang lebih halus, serta cukup rata. Permukaan sisi dalam ke-2 katup halus serta putih.


Katup dikumpulkan di ujung yang sempit oleh ligamen elastis. Otot pusat yang besar (otot adduktor) berperan untuk tutup katup pada tarikan ligamen. Jadi katup diselenggarakan dikit terbuka, susunan seperti rambut kecil (silia) pada insang menarik air ke lewat pergerakan seperti gelombang. Dua sampai tiga galon bisa melalui tiram pada sebuah jam. Partikel organik menit, disaring dari air, berperan jadi makanan.


Konsumsi Tiram


Tiram, pada gilirannya, dikonsumsi oleh burung, bintang laut, serta siput, dan ikan. Bor tiram (Urosalpinx cinenea), siput yang banyak berlangsung, mengebor satu lubang kecil lewat kulit tiram, lalu mengisap jaringan yang hidup.


Seperti bivalvia yang lain, sejumlah besar tiram ialah jantan atau betina, walau hermafroditisme berlangsung. Ostrea edulis tunjukkan kejadian yang disebutkan hermafroditisme sekuensial, dimana satu orang bertukar kelamin dengan musiman atau mungkin dengan pergantian suhu air. Tiram berkembang biak pada musim panas. Telur beberapa spesies dilepaskan ke air sebelum pembuahan oleh sperma; telur orang dibuahi di betina. Yang muda dilepaskan jadi larva bersilia yang diketahui dengan kolektif jadi beludru, yang berenang sepanjang beberapa waktu sebelum dengan permanen tempelkan diri ke situs serta bermetamorfosis. Tiram yang bisa dikonsumsi siap dipanen dalam tiga sampai lima tahun.


Tiram sejati (keluarga Ostreidae) terhitung spesies Ostrea, Crassostrea, serta Pycnodonte. Spesies Ostrea umum terhitung flat Eropa, atau bisa dikonsumsi, tiram, O. edulis; tiram Olympia, O. lurida; serta O. frons. Spesies Crassostrea terhitung tiram Portugis, C. angulata; Amerika Utara, atau Virginia, tiram, C. virginica; serta tiram Jepang, C. gigas. Tiram mutiara (famili Aviculidae) sejumlah besar datang dari genus Meleagrina, terkadang disebutkan Pinctada atau Margaritifera.


Mutiara Pada Tiram


Tiram dikeluarkan serta dikonsumsi mentah, dibuat, atau disedot. Varietas popular mencakup titik biru serta lynnhaven bentuk C. virginica (semasing dipanen, dari Blue Poin, Long Island, serta Lynnhaven Bay, Va, Daerah); dan colchester Inggris serta marennes Perancis. Colchester serta marennes ialah bentuk O. edulis.


Mutiara tercipta dalam tiram oleh akumulasi nacre, bahan yang melapisi cangkang tiram, di seputar sepotong benda asing yang sudah bersarang di cangkang. Mutiara yang tercipta dalam tiram yang bisa dikonsumsi tidak bernoda serta tidak mempunyai nilai. Mutiara alami paling baik berlangsung pada beberapa spesies Oriental, terutamanya Meleagrina vulgaris, asli dari Teluk Persia. Spesies ini diketemukan khususnya pada kedalaman 8 sampai 20 depa (48 sampai 120 kaki). Mutiara sejumlah besar diambil dari tiram yang berusia lebih dari lima tahun. Mutiara yang dibudidayakan ditanam di seputar kepingan mutiara yang dimasukkan dengan manual ke tiram. Sejumlah besar mutiara budidaya ditanam di perairan pesisir Jepang atau Australia.


34 views0 comments

Recent Posts

See All
bottom of page